About Me

Kamis, 01 September 2016

TENTANG JURUSAN AGRIBISNIS


Tentang jurusanku

AGRIBISNIS

      Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).
Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.
     Ruang Lingkup Kegiatan Kerja Sarjana Agribisnis
Sarjana Agribisnis memiliki kompetensi dalam beberapa peran dalam masyarakat, antara lain: 1) Peneliti dan Pengajar (Researcher and Lecturer), 2) Analisis Kebijakan dan Pengembangan Agribisnis (Policy and Agribusiness Development Analysis), 3) Perencanaan Wilayah Berbasis Agribisnis (Agribusiness Based Regional Planner), 4) Pengusaha dan Manager Agribisnis (Agribusiness Manager and Enterpreneur), 4) Komunikator Agribisnis (Agribusiness Comunicator), 5) Pelaku Pengembangan Masyarakat Berbasis Agribisnis (Agent of agribusiness Based Community Development).Sarjana Agribisnis dapat bekerja di berbagai tempat, antara lain: Instansi Pemerintah, Perbankan, Perkebunan, Lembaga Penelitian, dan Perusahaan swasta, Koperasi, dan wirausahawan. Alumni telah menduduki jabatan strategis antara lain di: Kantor Perbankan di tingkat Pusat dan cabang pembantu di beberapa kota di Indonesia (BNI-46, BRI, BCA, Bank Niaga, BPD, BPR).

     Banyak Alumni Agribisnis bekerja di Jajaran Ditjen Perkebunan RI Jakarta, Disbun Propinsi DIY, Dinas Pertanian Kabupaten-Propinsi, Bappeda, BPTP, Puslit Karet Sembawa–Palembang, PTP Nusantara XIII Kalimantan Timur, beberapa perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Badan Standarisasi Nasional Jakarta, PT. Bayer Indonesia, PT. Indmira Yogyakarta, PT. Syngenta Indonesia, PT. BISI , dan masih tempat lainnya.


sumber:https://www.google.com/search?q=gambar+tetang+agribisnis&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwilt4alse_OAhXKRI8KHYv0CuwQ_AUICCgB&biw=1366&bih=659#imgrc=_xAm6rzkbJoIhM%3A

KEUNGGULAN

     Jurusan agribisnis diarahkan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang agribisnis dan entrepreunership. Mahasiswa dibentuk untuk memiliki kemandirian,kemampuan manajerial,analisis,membaca peluang usaha kepekaan sosial dan menemukan solusi tepat terhadap persoalan aktual, sejak industri hulu,sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dibidang agribisnis. Jurusan ini didukung oleh sarana prasarana antara lain ,Laboratorium agribisnis,plaza pertanian,dan University Farm,sebagai wahana pembelajaran aplikasi program analisis bisnis,manajemen produksi,marketing,entrepreuership,komunikasi bisnis dan pemberdayaan masyarakat,termasuk PKL dan magang kerja di dunia usaha dan industri. Salah satunya adalah ketersediaan lahan dan sumberdaya alam Indonesia yang besar dan belum dimanfaatkan secara optimal,menjadi prasyarat dasar yang dimiliki bangsa ini untuk mengembangkan agribisnis.

PERKEMBANGAN

     Kegiatan agribisnis strategis bagi rakyat untuk memenuhi kebutuhan,kedua produk agribisnis sulit di subsitusi oleh produk lain,dan ketiga bila tergantung pada import agribisnis neegara lain,maka negara akan lumpuh. Alumni agribisnis bekerja di berbagai bidang. Selain bekerja sebagai enterpreneur,juga bisa bekerja di bidang perbankan,industri makanan,dan minuman,industri saran produksi,konsultan usaha yang bersifat publik atau bisnis dalam lingkup pertanian dalam arti luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar