About Me

Kamis, 01 September 2016

DAERAHKU


Tentang Daerahku

‘’Tulungagung Ayem Tentrem  Mulya Lan Tinoto’’

     Tahu nggak sih guys Tulungagung itu dimana ? ... ya aku jelasin sedikit tentang kota asalku ini. Tulungagung adalah salah satu kota yang ada di jawa timur. Pusat  pemerintahan   berada di kecamatan tulungagung. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di indonesia,dan terletak  154km barat daya kota surabaya,ibu kota provinsi jawatimur.
     Tulungagung berasal dari kata ‘’pitulung agung’’(pertolongan yang agung). Nama ini berasal dari peristiwa saat seorang pemuda dari Gunung Wilis bernama joko Baru mengeringkan sumber air di ngrowo. Dengan menyambut  semua sumber air tersebut dengan lidi dari sebuah pohon enau atau aren. Joko baru dikisahkan sebagai seorang pemuda yang di kutuk menjadi ular oleh ayahnya,orang sekitar sering menyebutnya dengan Baru Klinthing.
      Ayahnya mengatakan bahwa untuk kembali menjadi manusia sejati, joko baru harus mampu melingkarkan tubuhnya di Gunung Wilis. Namun malang menimpanya karena tubuhnya hanya kurang sejengkal untuk benar benar melingkar sempurna. Alhasil joko baru menjulurkan lidahnya ,saat bersamaan ayah jokobaru memotong lidahnya. Secara ajaib,lidah tersebut berubah menjadi tambak sakti. Yang hingga saat ini di percaya sebagai GAMAN atau SENJATA SAKTI. Tambak ini masih di simpan dan dirawat hingga saat ini oleh masyarakat sekitar.
sumberhttps://www.google.com/search?q=GAMBAR+TULUNGAGUNG&client=firefox-b&tbm=isch&imgil=4NpXoHYdPGL8BM%253A%253BSda6Yrw1HfZTdM%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fwww.kompasiana.com%25252Ffahrezabn%25252Fyuk-berwisata-ke-tulungagung_56dc1d1a0023bdfd19bbebd0&source=iu&pf=m&fir=4NpXoHYdPGL8BM%253A%252CSda6Yrw1HfZTdM%252C_&usg=__WcNFP-FvoFdJn0rL6wSQUYP81Tg%3D&biw=1366&bih=659&ved=0ahUKEwjB7c6ike7OAhVKlZQKHUzrBE4QyjcINw&ei=XRrIV4HLOMqq0gTM1pPwBA#imgrc=4NpXoHYdPGL8BM%3A

Tulungagung juga mempunya banyak tempat wisata,kuliner,tradisi budaya.

Yang pertama tempat wisata :
sumberhttps://www.google.com/search?q=pantai+coro&client=firefox-b&biw=1366&bih=659&tbm=isch&imgil=phE5wo2LGJQLzM%253A%253BE9pYbbMoQX644M%253Bhttps%25253A%25252F%25252Fdestinasipada.blogspot.com%25252F2015%25252F08%25252Fpantai-coro-surga-tersembunyi-dipesisir.html&source=iu&pf=m&fir=phE5wo2LGJQLzM%253A%252CE9pYbbMoQX644M%252C_&usg=__rS9-zdYraePV-dldsVbr23nAjWM%3D&ved=0ahUKEwir4-WWlu7OAhUDOJQKHfxDAmIQyjcIJw&ei=gx_IV-uVE4Pw0AT8h4mQBg#imgrc=phE5wo2LGJQLzM%3A


     Pantai Coro Apa yang menarik dari pantai ini? Pantai yang memiliki panjang sekitar 400 meter, pasirnya berwarna putih, bersih, dan lembut. Menjadikan Pantai Coro tidak kalah dengan pantai lain yang ada di Jawa Timur. Selain itu daya tarik lain pada pantai yang berjarak sekitar 1,5 km timur padepokan "Retjo Sewu" adalah keberadaannya yang masih natural, belum banyak tergarap, serta ombak pantai juga tidak terlalu besar
Lebih dari itu air laut pantai sangat jernih sehingga permukaan dasar laut bisa dilihat dengan mata telanjang, seperti semua karang dan tumbuhan laut.
     Di pantai yang menurut cerita dulunya banyak hewan coro (kecoak), juga banyak sekali dijumpai batu karang, tumbuhan dan hewan laut. Pengunjung bisa melihat dengan jelas tumbuhan dan hewan laut hidup di batu-batu karang di sepanjang pantai yang berbentuk teluk tersebut. Dan semua itu akan lebih jelas terlihat ketika air laut mulai surut.
     Bagi mereka yang suka mengoleksi aneka kulit kerang bisa datang ke tempat ini, karena banyak sekali jenis kulit kerang yang terdampar di bibir pantai, begitu juga dengan batu karang yang terdapat di hamparan pasir putih yang luas.
PANTAI POPOH

     Provinsi Jawa Timur memiliki garis pantai yang lebih panjang dibanding provinsi lain di Pulau Jawa. Jawa Timur juga mempunyai gugusan pulau kecil berjumlah ratusan pulau. Keindahan tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi iklim wisata di Pulau Jawa Secara umum, pantai di Jawa Timur dibagi menjadi tiga, yaitu kawasan pantai utara (pantura), daerah tapal kuda, dan pantai selatan.
     Salah satu tempat wisata di pantai selatan Pulau Jawa adalah Pantai Popoh. Secara geografis, Pantai Popoh terletak di Kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur. Letak Pantai Popoh bersebelahan dengan Pantai Prigi yang masuk kawasan Kabupaten Trenggalek. Pantai Popoh saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Daerah setempat sebagai kawasan wisata alam dan pemasaran hasil kerajinan rakyat.


sumberhttp://www.awesomeindonesia.asia/2012/07/pesona-tempat-wisata-pantai-popoh-di.html

PANTAI KEDUNG TUMPANG
     Lokasi dan Rute Pantai Kedung Tumpang Tulungagung –  Kekayaan alam Indonesia memang tiada habisnya untuk di eksplore dari Pantai, Gunung, Danau, Sungai, Goa, dan masih banyak lagi. Keindahan Pantai Indonesia menjadi salah satu keunikan nomor satu di dunia, hal itu dikarenakan Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Bicara Pantai merupakan tempat wisata yang banyak disukai orang, sehingga pantai tidak henti-hentinya di eksplore oleh orang. Salah satu wisata Pantai yang bagus nan indah adalah Pantai Kedung Tumpang Tulungagung.
  Pantai Kedung Tumpang sebetulnya sudah ditemukan cukup lama, akan tetapi baru ramai dibicarakan ketika masuk ke media social dan ramai-ramainya diperbincangkan dan dikunjungi banyak orang setelah lebaran tahun 2015. Pantai ini adalah gugusan tebing karang dan membentang luas di sisi barat pantai Blabak hingga sisi timur pantai Globok, dikarenakan hanya sebuah gugusan tebing dan karang maka pantai ini memang tidak memiliki hamparan pasir.

sumberhttp://www.wisatabagus.co/198/lokasi-dan-rute-pantai-kedung-tumpang-tulungagung/ 




Makanan khas tulungagung :

  1. Nasi lodho Tulungagung
    Makanan ini mirip dengan kare ayam,perbedaannya ayamnya dipanggang?diasap dulu dan disajikan bersama nasi/tiwul (tiwul adalah nasi yang terbuat dari gaplek/singkong) juga dikasih pelengkap gudhangan sayuran-sayuran ,namun dalam perkembangannyalebih banyak yang disajikan (warung kaki lima) serupa dengan kare ayam. Lodho Tulungagung dibedakan dalam 2 ganre,yaitu Lodho kuah kental dan encer, kekentalannya berasal dari konsentrasi santan ,biasanya rasanya pedas,ayamnya menggunakan ayam kampung yang rasanya mantap.




Jenang Grendul
Jenang grendul initerbuat dari tepung kanji ,umumnya makanan khas ini disajikan bersama dengan jenang baning yang terbuat dari tepung beras serta jenang ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah jenang grendul disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren  yang umum disebut juruh
Sompil
Sompil ialah makanan khas tulungagung yang terdiri dari lontong yang diiris iris,dan ditambah lodho,jangan bung,dan bubuk kedelai diatasnya. Makanan khas ini yang menjadi khasnya dikarenakan pedasnya. Sompil ini sudah berdiri sejak lama ,sekitar 10 tahun lebih. Karena itu sompil ini sudah terkenal lama di tulungagung



Budaya dan Kesenian Khas Tulungagung

Upacara adat temanten kucing
Tradisi ini merupakan bagian dari upaya warga untuk memohon turunnya hujan manakala terjadi musim kemarau panjang. Warga desa pelem kecamatan campurdarat  yang masih melakukan ritual ini. Tetapi sayangnya ritual ini tidak sesakral dahulu perlahan ritual ini cenderung semakin instan. Ritual ini menampilkan seejumlah keunikan. Misalnya ketika pasangan manten kucing dipertemukan menjadi pengantin di pelaminan,beberapa wanita tua ikut tampil mentunkan beberapa tembang khas jawa.


  1. Reyog Tulungagung
    Reyog ini merupakan gubayan tari rakyat, yang menggambarkan arak-arakan prajurit pasukan kedhirilanya tatkala mengiring pengantin ‘’Ratu Kilisuci’’. Dalam gubahan Tari Reyog ini barisan prajurit yang berarak diwakili oleh enam orang penari. Yang ingin dikisahkan dalam tarian tersebut ialah, betapa sulit perjalanan yang harus mereka tempuh ,betapa berat beban perbekalan yang mereka bawa , sampai terbungkuk-bungkuk,terserok-serok,menuruni lembah-lembah yang curam ,menaiki gunung –gunung,bagaimana mereka mengelilingi kawah serasa melihat melengok-lengok ke dalam,kepanikan mereka ketika ‘’Sang Putri”terjatuh masuk kedalam kawah ,disusul dengan pelemparan batu dan tanah yang mengurug kawah tersebut,sehingga Jathasura yang terjun menolong “Sang Putri” tewas terkubur dalam kawah ,akhirnya kegembiraan oleh kemenangan yang mereka capai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar